Inilah 18 Manfaat Lidah Buaya Untuk (Kesehatan, Rambut, Kulit)

Tanaman Lidah Buaya (Aloe vera) sangat banyak sekali manfaatnya bagi manusia, namun sayangnya sebagian masyarakat sekarang hanya mengetahui manfaat lidah buaya sebatas penyubur rambut saja. Padahal selain penyubur rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

manfaat lidah buaya
Lidah Buaya, via: naturalhealers.com
Tanaman lidah buaya sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Biasanya digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan perawatan kulit. Selain itu tanaman ini juga digunakan sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetik, serta bahan pembuatan makanan dan minuman kesehatan.

manfaat lidah buaya
Lidah Buaya. via: stylecraze.com

Lidah Buaya merupakan tanaman fungsional karena semua bagiannya dapat dimanfaatkan untuk perawatan tubuh maupun mengobati beberapa penyakit. Dari sekitar 200 jenis tanaman lidah buaya, yang baik digunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis miller. Lidah buaya jenis ini mengandung 72 zat yang baik untuk tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian, lidah buaya mempunyai manfaat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan regenerasi sel. Selain itu lidah buaya juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta nutrisi pendukung bagi penderita HIV. Berikut adalah manfaat lidah buaya untuk kesehatan, kulit dan rambut.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

1. Sebagai Pencahar Untuk Melancarkan Pencernaan
2. Mengobati Luka Bakar
3. Kesehatan Mulut dan Gusi
4. Sebagai Antioksidan
5. Antelmintik Untuk Meluruhkan dan Mengeluarkan Cacing
6. Ekspektoran untuk mengeluarkan dahak dan memudahkan batuk
7. Radang tenggorokan
8. Menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes
9. Antipuritik, Penghilang rasa gatal

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit

10. Mengobati Bisul
11. Mengatasi Jerawat dan Komedo
12. Deodoran
13. Bekas Luka Keloid

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

14. Menyuburkan Rambut
15. Mencegah Kerontokan Rambut
16. Membuat Rambut Hitam dan Berkilau
17. Menghilangkan Ketombe
18. Melembabkan Rambut Yang Kering Sekaligus Memcerahkan

Efek Samping Lidah Buaya

Meski manfaat yang terkandung pada lidah buaya sangat banyak, tetapi perlu diperhatikan juga efek samping sebelum mengaplikasikan bahan alami maupun produk-produk yang mengandung lidah buaya. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter, namun jika menggunakan produk yang mengandung lidah buaya sebaiknya baca aturan pemakaian yang tertera pada produk lidah buaya.

Tambahkan Komentar Sembunyikan