13 Jenis Tanaman Hias yang Mungkin Anda Suka

Bagi penggemar tanaman, tentunya tanaman hias menjadi hal yang wajib ada di area rumah. Selain bisa memperindah pekarangan, tanaman hias juga bisa membuat diri kita merasa nyaman dan tenteram. Selain itu mata kita pun menjadi segar dengan keberadaan warna-warni tanaman yang ada di sekitar. Oleh karena itu tak heran banyak yang menanam tanaman hias di area sekitar rumahnya.

Macam-Macam Jenis Tanaman Hias

Jenis-Jenis tanaman hias itu ada beberapa macam, tergantung kebutuhan atau yang kita sukai. Ada tanaman hias bunga, yaitu tanaman yang menghasilkan bunga dengan bentuk, warna, ukuran dan aroma yang unik. Selain itu ada juga tanaman hias daun, yaitu tanaman yang memiliki warna dan keunikan bentuk pada daunnya sehingga terlihat indah. Meskipun tak berbunga, tanaman hias daun mampu menghadirkan kesan tersendiri bagi pemiliknya.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Dalam Rumah Agar Ruangan Menjadi Indah

Tanaman hias tadi juga dibedakan menjadi beberapa macam penempatannya, ada tanaman hias yang cocok untuk ditempatkan luar ruangan (outdoor) dan ada juga yang cocok di dalam ruangan (indoor). Ada yang digantung dan ada juga tanaman hias untuk aquarium. Namun, untuk jenis-jenis tanaman tersebut akan di bahas pada kesempatan berikutnya. Kali ini tanamanmagz membahas jenis tanaman hias secara luas saja.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Berbunga Yang Indah

13 Jenis Tanaman Hias yang Mungkin Anda Suka

1. Adenium


Tanaman Hias Adenium
Tanaman Hias Adenium
Adenium dikenal juga dengan nama Kamboja Jepang, meskipun dibelakangnya ada embel-embel "Jepang" tapi tanaman Adenium ini bukan berasal dari Jepang melainkan dari Afrika. Di negara asalnya Adenium hidup di padang pasir tapi mampu berbunga lebat, sedangkan akarnya membentuk semacam umbi yang meliuk-liuk dan bulat, semakin akarnya membulat dan meliuk, maka harganya pun semakin tinggi. Spesies adenium ini juga banyak diantaranya yaitu Adenium Obesum, Adenium Multiflorum, Adenium Arabicum dan masih banyak lagi.

2. Aglaonema


Tanaman Hias Aglaonema
Tanaman Hias Aglaonema
Aglaonema sudah cukup lama dikenal di Indonesia, tanaman hias ini juga dikenal dengan sebutan Sri Rejeki atau pembawa keberuntungan. Aglaonema termasuk tanaman hias jenis daun, karena memang tanpa bunga. Meskipun begitu daunnya mempunyai banyak variasi dari segi warna, ukuran, bentuk dan motif. Spesies dari Tanaman Aglaonema ini juga banyak diantaranya yaitu Aglaonema costatum, Aglaonema commutatum, Aglaonema hospitum dan Aglaonema Crispum.

3. Anggrek


Tanaman Hias Anggrek Bulan
Tanaman Hias Anggrek Bulan
Anggrek merupakan jenis tanaman hias bunga yang memiliki beragam corak bunga dan warna, keindahannya membuat tanaman ini cukup terkenal dan banyak dikoleksi banyak orang. Selain keindahannya, mengoleksi anggrek juga cukup menguntungkan sehingga banyak orang mengoleksinya bukan karena keindahannya saja, tetapi juga untuk diperjualbelikan. Jenis tumbuhan anggrek sangat banyak macamnya, Indonesia sendiri termasuk negara yang kaya dengan tumbuhan anggrek. Adapun jenis tanaman Anggrek diantaranya adalah Phalaenospis, Dendrobium, Paphiodelium, Vanda dan masih banyak lagi.

4. Coleus


Tanaman Hias Coleus
Tanaman Hias Coleus
Coleus merupakan tanaman hias asal Afrika tropis yang kini sudah tersebar di seluruh dunia. Tanaman ini tumbuh liar di pematang sawah, ladang dan kebun-kebun tanaman. Di jawa tanaman ini dikenal dengan nama kentangan, sedangkan di Sunda Jawer Kotok. Tanaman Coleus banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena memiliki daun dengan warna yang cerah dan menarik. Selain itu tanaman ini juga bermanfaat untuk kesehatan, air rebusan Coleus (Iler) ini dianggap mampu menyembuhkan ambeien, bisul, demam.

5. Heliconia 

Tanaman Hias Heliconia
Tanaman Hias Heliconia

Tanaman Heliconia pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda, tanaman ini memiliki bentuk seperti pisang, oleh karenanya disebut pisang-pisangan atau pisang hias. Heliconia merupakan tanaman khas daerah tropis. Tanaman ini mudah tumbuh pada daerah lembab yang terkena sinar matahari. Batangnya berpelepah, daunnya pun tak ubahnya daun pisang. Heliconia banyak dipergunakan sebagai komponen dalam taman dan sebagai bunga potong.

6. Kana


Tanaman Hias Kana
Tanaman Hias Kana
Kana adalah tanaman bunga yang berasal dari daerah tropis benua Amerika, tanaman ini di Indonesia dikenal juga dengan nama bunga tasbih. Tanaman ini tergolong tanaman luar yang biasanya tumbuh di hutan dan pegunungan walau tak jarang dijadikan tanaman hias di pekarangan dan taman kota, karena memiliki bunga yang beraneka warna. Kabarnya akar tanaman kana berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit seperti sakit kuning, jerawat dan luka.

7. Philodendron


Tanaman Hias Philodendron
Tanaman Hias Philodendron
Philodendron merupakan tanaman hias daun yang pesonanya terletak pada daunnya. Tanaman ini mempunyai banyak spesies dan terdiri dari dua tipe yaitu merambat dan tegak. Nama Philodendron berasal dari bahasa yunani yaitu dari kata philos ("cinta") dan dendron ("pohon") diartikan tanaman yang menyukai pohon. Tanaman dapat tumbuh baik di Indonesia dan banyak digunakan sebagai tanaman penghias ruangan atau taman.

8. Krisan


Tanaman Hias Krisan
Krisan
Krisan merupakan tanaman hias yang sering digunakan untuk hiasan meja, pelaminan, dekorasi ruangan serta lain sebagainya. Hal ini dikarenakan bunga krisan sangat kaya warna dan tahan lama. Krisan dikenal juga dengan sebutan bunga aster atau seruni, spesiesnya di dunia ada sekitar 1000 lebih. Tanaman Krisan berbatang tegak, berstruktur lunak dan berwarna hijau. Bila dibiarkan tumbuh terus batangnya akan berwarna kecokelatan.

9. Alpinia Purpurata


Tanaman Hias Alpinia Purpurata
Tanaman Hias Alpinia Purpurata
Alpinia tergolong dalam famili Zingiberaceae, sedangkan genusnya terbagi menjadi dua subgenera yaitu Alpinia yang mempunyai lebih dari 70 spesies dan Dieramalpinia K. Schum. Alpinia purpurata K. Schum umumnya disebut red ginger, daerah asalnya tersebar dari New Caledonia, New Hebrides, Kepulauan Solomon dan Bouganville. di habitat asalnya Alpinia hidup di daerah terabaikan seperti di sepanjang aliran sungai di hutan. Alpinia banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias karena rangkaian bunganya.

10. Anthurium


Tanaman Hias Anthurium Jenmanii
Tanaman Hias Anthurium Jenmanii
Anthurium yang termasuk tanaman hias daun pernah berjaya beberapa tahun lalu hingga harganya mencapai jutaan rupiah. Namun kejayaan Anthurium sekarang mulai redup dan penikmat tanaman mulai beralih. Anthurium sendiri mempunyai banyak jenis diantaranya Anthurium Hooker, Anthurium Jenmanii, Anthurium Gelombang Cinta, Anthurium keris dan banyak lagi. Kesemuanya mempunyai bentuk daun yang berbeda, menjadi kenikmatan tersendiri bagi para hobiis.

11. Bonsai


Tanaman Hias Bonsai
Tanaman Hias Bonsai
Bonsai merupakan tanaman kerdil yang umumnya ditanam dalam pot dan tanaman ini secara keseluruhan menyerupai pohon tua di alam bebas. Bentuk bonsai yang menyerupai pohon tua itu bukan karena kebetulan, melainkan melalui proses pembentukan oleh tangan manusia. Bonsai berasal dari Cina dan sudah dikenal sejak dinasti Tsin, kemudian tumbuh subur pada dinasti Tang yang tampak dalam lukisan yang dibuat pada masa itu.

12. Euphorbia


Tanaman Hias Euphorbia
Tanaman Hias Euphorbia
Euphorbia merupakan jenis tanaman hias bunga yang batang tanamannya berduri, tanaman ini termasuk famili Euphorbiaceae yang mempunyai lebih dari 2.000 spesies. Tanaman ini tergolong sukulen menyerupai kaktus, sehingga akan menampilkan bunga yang semarak apabila di letakkan di tempat terbuka dengan sinar matahari penuh. Bentuk bunga Euphorbia yang menyerupai angka 8 dianggap membawa keberuntungan bagi sebagian orang, warnanya pun juga beragam ada merah, jingga, kuning dan orange.

13. Keladi Hias


Tanaman Hias Keladi
Tanaman Hias Keladi
Keladi merupakan anggota dari famili Araceae yang beranggotakan lebih dari 100 genus dan 3.700 spesies. Tanaman ini mempunyai bentuk daun yang variatif, dari panjang, bulat, oval, sampai segitiga. Selain itu tanaman ini juga mempunyai motif tulang daun yang berbeda, ada yang rata dan ada juga yang bergerigi. Warnanya daunnya pun semakin menunjang keindahannya dengan beragam variasi yang dimilikinya, ada warna pink, hijau, merah dan kombinasi dari beberapa warna tadi.

No comments

Powered by Blogger.